Anjing yang termasuk kelompok pencarian adalah American Staffordshire Terrier, Pit Bull Terrier dan Staffordshire Bull Terrier. Ternyata tak berhenti sampai disitu saja.kelompok yang masuk ke 2 adalah Tosa Inu, Dogue De Bordeaux, Kangal, Mastino Napoletano, Mastiff, Fila Brasileiro, Bandog, Dobermann, Rottweiler, dll. Lalu tersebarlah sebuah rumor bahwa anjing yag berukuran 40 cm atau lebih harus dilenyapkan.di Amerika sekitar tahun 80 an terlintas sebuah pertanyaan "mengapa APBT mendapat anggapan kurang baik bagi masyarakat awam?. Pada tahun 80 an dari hasil penyelidikan ada beberapa kejadian penyerangan anjing terhadap manusia dan di amerika para petugas polisi mendapat kesulitan untuk membedakan beratus - ratus ras anjing tersebut yang dikarantina.Beberapa diantaranya sempat digolongkan sebagai anjing Pit Bull.dan juga kepolisian sulit untuk membedakan anjing jenis APBT,Amstaff, Staffy Bull.

Beberapa orang menganggap semua anjing agresif adalah Pit Bull. Ditambah lagi dengan publikasi besar - besaran di beberapa surat kabar. Padahal di tahun 1890 - 1948 trah ini paling populer dan sangat disukai di amerika.bahkan ada suatu kejadian, seekor Labrador Retriver menyerang seorang polisi dan pemberitahuan di media masa,anjing tersebut digolongkan dalam trah Pit Bull.anehnya lagi,seekor Golden Retriver menyerang petugas polisi dan di media masa ditulis yang menyerang polisi tersebut adalah Pit Bull baster Collie.

Harapan saya adalah agar para breeder/penggemar anjing jangan mudah tertipu oleh isu - isu yang berkata bahwa APBT adalah anjing yang jahat.karena pembentukan karakter pada APBT tergantung dari kita sebagai majikan yang akan mengajari APBT tersebut mau diapakan APBT tersebut bila sudah dewasa. APBT juga anjing yang mudah diajari dan memiliki kemampuan - kemampuan istimewa seperti anjing pekerja dll.